Apel Pagi Mingguan di STAI Imam Syafi’i, Membangkitkan Semangat Belajar

Photo by imamsyafi'i media

Di Kampus STAI Imam Syafi’i, ritual apel pagi mingguan bukan hanya sekadar rutinitas, tetapi juga menjadi sarana yang efektif untuk membakar semangat belajar dan memperkuat rasa kebersamaan di antara seluruh civitas akademika. Apel pagi ini dianggap sebagai momen penting untuk menginspirasi mahasiswa, dosen, dan staf dalam menjalani aktivitas akademik dan kegiatan kampus lainnya.

Setiap hari Ahad, tepat pada pukul 05.45, seluruh mahasiswa, dosen, dan staf berkumpul di lapangan kampus untuk melaksanakan apel pagi. Suasana pagi yang segar dan semangat yang menggelora menjadi ciri khas dari acara ini. Dalam apel pagi ini, berbagai kegiatan dilakukan untuk membantu membangkitkan semangat belajar dan meningkatkan motivasi seluruh civitas akademika, antara lain:

Menyanyikan Hymne STAIIS Cianjur : Salah satu momen puncak dalam apel pagi adalah Hymne STAIIS Cianjur, yang merupakan kHymne singkat yang mengangkat nilai-nilai keagamaan, moral, dan motivasi. Hymne tersebut dinyanyikan oleh dosen dan para mahasiswa semuanya, dan seringkali menginspirasi para mahasiswa untuk menjalani kehidupan dengan penuh semangat dan dedikasi.

Pemberian Motivasi dari Pimpinan Kampus : Pimpinan kampus juga turut ambil bagian dalam apel pagi dengan memberikan motivasi dan arahan kepada seluruh mahasiswa, dosen, dan staf. Pesan-pesan inspiratif ini seringkali membakar semangat dan mengingatkan pentingnya dedikasi dalam belajar dan berkarya.

Pengumuman dan Informasi Penting : Apel pagi juga menjadi wadah untuk menyampaikan pengumuman-pengumuman penting terkait dengan kegiatan kampus, jadwal ujian, informasi akademik, dan berbagai kegiatan lainnya. Hal ini membantu memperkuat komunikasi antara kampus dan mahasiswa.

Niat Bersama : Sebelum mengakhiri apel, seluruh hadirin juga melakukan niat bersama untuk memohon keberkahan, kesuksesan dalam belajar, dan perlindungan dari segala hal yang tidak diinginkan. Niat bersama ini menjadi momen yang sakral dan mempererat ikatan kebersamaan di antara seluruh civitas akademika.

Dengan adanya apel pagi mingguan yang diadakan secara rutin dan terstruktur, STAI Imam Syafi’i berhasil menciptakan atmosfer yang positif dan membangun semangat belajar yang tinggi di kalangan mahasiswa. Semangat tersebut tidak hanya tercermin dalam kelas, tetapi juga dalam berbagai kegiatan ekstrakurikuler dan proyek pengabdian masyarakat yang dijalankan oleh mahasiswa. Apel pagi telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari budaya akademik yang berorientasi pada prestasi dan kebersamaan.

Bagikan:

Tags

Related Post

Leave a Comment