STAI Imam Syafii Menyelenggarakan Lomba “Taftazanie Islamic Studies Competition 2024”

Photo by imamsyafi'i media

Cianjur – Pada Sabtu (18/05) BEM STAI Imam Syafii Cianjur menyelenggarakan sebuah kompetisi tingkat SMA sederajat bertajuk “Taftazanie Islamic Studies Competition Ke-1”. Perlombaan ini merupakan event yang pertama kali diselenggarakan di STAI Imam Syafii Cianjur.

“Tujuan kami mengadakan lomba ini adalah sebagai ajang kompetisi dan silaturahmi dari berbagai pesantren dan lembaga, disamping juga sebagai media promosi kampus”, ungkap Yaqub Yahya Muhaimin Hasibuan (mahasiswa semester 6), selaku ketua panitia lomba.

Meski baru pertama kali dilaksanakan, perlombaan ini mendapat animo yang luar biasa. Ini dibuktikan dari banyaknya peserta yang datang dari luar Cianjur. Lomba ini diikuti oleh lebih dari 50 peserta yang berasal dari berbagai pesantren dan sekolah SMA sederajat di Cianjur, Bogor, dan Sukabumi.

Pada event ini ada tiga cabang lomba yang dipertandingkan, yaitu Pidato Bahasa Arab; Qiroatul Kutub; dan Lomba Cerdas Cermat Keislaman. Pada cabang lomba Qiroatul Kutub, kitab yang dibaca adalah kitab Fathul Qarib al-Mujib. Sedangkan pada lomba Cerdas Cermat, para peserta diuji pengetahuannya dalam bidang Fiqh, Nahwu, Sharaf, Hadits, Sirah, dan SKI.

Dalam sambutannya di pembukaan lomba, Syaikh Muhammad Darwisy menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah sebuah kegiatan yang penting dan sangat positif disaat banyak pemuda di luar sana yang menghabiskan waktu dengan kegiatan-kegiatan yang tidak berguna. Selain itu, lomba ini juga adalah bagian dari mengasah mental dan ilmu yang didapat di kelas.

Penamaan lomba ini dengan nama “Taftazanie Islamic Studies Competition” bukan tanpa alasan. Imam Taftazani adalah seorang ulama besar yang menjadi ikon kesungguhan, kesabaran, dan kegigihan dalam belajar. Diharapkan para peserta bisa meneladani dan membawa spirit Imam Taftazani dalam belajar. (FR)

Bagikan:

Tags

Related Post

Leave a Comment