Keikutsertaan Prodi PBA STAI Imam Syafi’i dalam Semiloka dan Rakernas PPPBA Indonesia

Keikutsertaan Prodi PBA STAI Imam Syafi’i dalam Semiloka dan Rakernas PPPBA Indonesia

Photo by sekolah.link

Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) STAI Imam Syafi’i Cianjur kembali menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan mutu akademik dan kualitas pembelajaran dengan berpartisipasi aktif pada Semiloka dan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Perkumpulan Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PPPBA) Indonesia yang diselenggarakan di Kota Batu, Malang pada tanggal 5–7 November 2025. Kegiatan nasional ini menjadi momentum penting dalam penguatan kurikulum, peningkatan kompetensi dosen, serta penguatan jejaring profesional antar lembaga penyelenggara PBA se-Indonesia.

Tujuan dan Pentingnya Keikutsertaan Prodi PBA

Keterlibatan Prodi PBA STAI Imam Syafi’i dalam agenda nasional ini bukan sekadar menghadiri kegiatan akademik, tetapi sebagai wujud partisipasi aktif dalam:

  1. Pengembangan Kurikulum PBA yang Lebih Relevan
    Semiloka membahas standar minimal kompetensi lulusan, penyesuaian kurikulum dengan Outcome Based Education (OBE), serta integrasi pembelajaran berbasis teknologi. Hal ini sejalan dengan misi Prodi PBA STAI Imam Syafi’i untuk terus menyesuaikan kurikulum dengan kebutuhan industri pendidikan dan standar nasional.
  2. Meningkatkan Profesionalisme Pendidik Bahasa Arab
    Melalui diskusi panel, lokakarya, dan berbagi praktik baik (best practices), dosen dan perwakilan prodi memperoleh wawasan terbaru mengenai metodologi pengajaran Bahasa Arab, inovasi media pembelajaran, dan strategi meningkatkan motivasi belajar mahasiswa.
  3. Membangun Jejaring dan Kolaborasi Antar Kampus
    Rakernas PPBA Indonesia menjadi wadah strategis dalam memperkuat kerja sama antarlembaga, baik dalam bentuk pertukaran dosen, penyusunan penelitian kolaboratif, hingga peluang kegiatan akademik bersama seperti seminar, bimbingan kurikulum, dan pengabdian masyarakat.

Rangkaian Kegiatan Semiloka dan Rakernas

Dalam Semiloka dan Rakernas tahun 2025 ini, peserta mengikuti beberapa agenda penting, antara lain:

  • Pemutakhiran Standar Kurikulum PBA Nasional
    Meliputi pembahasan capaian pembelajaran lulusan (CPL), integrasi digital dalam pembelajaran, serta penyusunan pedoman pengajaran bahasa Arab yang adaptif dan berorientasi kompetensi.
  • Workshop Peningkatan Kompetensi Dosen
    Menampilkan narasumber nasional dalam bidang kurikulum untuk meningkatkan kurikulum pendidikan bahasa arab dalam pembelajaran bahasa arab di kampus.
  • Rapat Kerja Nasional PPBA Indonesia
    Menetapkan program kerja organisasi selama satu periode ke depan, termasuk program peningkatan mutu pendidikan bahasa Arab di berbagai kampus di Indonesia.

Dampak Positif bagi Prodi PBA STAI Imam Syafi’i

Partisipasi aktif dalam acara nasional ini memberikan sejumlah manfaat strategis bagi Prodi PBA STAI Imam Syafi’i, di antaranya:

  1. Peningkatan Mutu Kurikulum
    Hasil semiloka akan menjadi rujukan dalam proses penyempurnaan kurikulum lokal Prodi PBA, sehingga lebih relevan dengan kebutuhan masa kini dan masa depan.
  2. Peningkatan Kualitas Pembelajaran
    Dosen mendapatkan bekal metodologis dan pedagogis terbaru, yang dapat langsung diterapkan dalam proses perkuliahan maupun penelitian mahasiswa.
  3. Penguatan Reputasi Akademik
    Keikutsertaan dalam forum nasional memperkuat posisi Prodi PBA sebagai institusi yang aktif berkontribusi dalam pengembangan pendidikan bahasa Arab di Indonesia.
  4. Peluang Kolaborasi Lebih Luas
    Relasi dengan kampus-kampus penyelenggara PBA se-Indonesia membuka peluang kerja sama akademik berupa seminar, penelitian, dan pertukaran gagasan antar dosen maupun mahasiswa.

Penutup

Keikutsertaan Prodi PBA STAI Imam Syafi’i dalam Semiloka dan Rakernas PPPBA Indonesia 2025 di Batu, Malang merupakan langkah nyata dalam meningkatkan kualitas kurikulum, kompetensi dosen, serta mutu pembelajaran bahasa Arab. Komitmen untuk selalu terlibat aktif dalam kegiatan nasional ini menunjukkan bahwa Prodi PBA terus berupaya menjadi lembaga pendidikan yang unggul, adaptif, dan berdaya saing tinggi dalam mencetak lulusan yang kompeten dan berakhlak.

Bagikan:

Tags

Related Post

Leave a Comment