Penandatanganan MoU antara Pengadilan Agama Cianjur dan STAI Imam Syafi’i Cianjur, Membangun Sinergi dalam Pendidikan dan Hukum

Photo by imamsyafi'i media

Rabu, 10 Januari 2024, telah dilaksanakan acara penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (MoU) antara Pengadilan Agama Cianjur dengan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Imam Syafi’i Cianjur. Acara bersejarah ini dihadiri oleh para pimpinan dan perwakilan dari kedua institusi, serta dihadiri pula oleh tamu undangan dan stakeholder terkait.

MoU ini merupakan langkah strategis bagi kedua institusi untuk membangun sinergi yang kuat dalam bidang pendidikan dan hukum. Dalam sambutannya, Bapak Ketua Pengadilan Agama Cianjur menyampaikan bahwa kerja sama ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang positif bagi pengembangan ilmu pengetahuan, peningkatan mutu pendidikan, dan penguatan sistem peradilan agama di Cianjur.

Salah satu poin utama dalam MoU ini adalah kerja sama dalam bidang penelitian, pengembangan kurikulum, dan pertukaran tenaga pengajar antara Pengadilan Agama Cianjur dan STAI Imam Syafi’i Cianjur. Dengan adanya kerja sama ini, diharapkan akan tercipta lingkungan akademis yang kondusif bagi mahasiswa STAI Imam Syafi’i Cianjur yang memiliki minat dalam studi hukum Islam dan peradilan agama.

Selain itu, MoU ini juga mencakup kerja sama dalam penyelenggaraan pelatihan, seminar, dan workshop yang berkaitan dengan bidang hukum Islam dan peradilan agama. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa, dosen, dan aparatur peradilan dalam menghadapi dinamika hukum yang semakin kompleks di era globalisasi ini.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua STAI Imam Syafi’i Cianjur menyampaikan apresiasi atas kerja sama ini dan menegaskan komitmen untuk mendukung setiap kegiatan yang dilakukan bersama dengan Pengadilan Agama Cianjur. Ia juga menekankan pentingnya peran pendidikan dan hukum dalam membangun masyarakat yang beradab, berkeadilan, dan memiliki pemahaman yang mendalam terhadap nilai-nilai keislaman.

MoU antara Pengadilan Agama Cianjur dan STAI Imam Syafi’i Cianjur ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi institusi lainnya dalam membangun kemitraan yang saling menguntungkan dalam rangka memajukan pendidikan, penelitian, dan pelayanan hukum di Indonesia. Sinergi antara dunia pendidikan dan dunia hukum akan menjadi pondasi yang kokoh dalam menciptakan masyarakat yang berkualitas dan berdaya saing tinggi.

Bagikan:

Tags

Related Post

Leave a Comment