OSPEK Mahasiswa Baru STAI Imam Syafi’i Cianjur 2017

1
223
Ketua dan Pengurus BEM STAI Imam Syafi'i
Ketua dan Pengurus BEM STAI Imam Syafi’i

Tahun ajaran baru kali ini, STAI Imam Syafii Cianjur yang berada di bawah naungan Yayasan Pusat Ilmu Keislaman Internasional menerima 43 mahasiswa baru, untuk itu ,dengan tujuan mempererat ukhuwah antar mahasiswa, Badan Eksekutif Mahasiswa STAI Imam Syafii Cianjur mengadakan orientasi pengenalan kampus ( OSPEK ) tahun ajaran 2017-2018.

Bertemakan “The Miracle of sense of belonging”, kegiatan yang dilaksanakan pada 27 Agustus 2017 hingga 29 Agustus 2017 ini berlangsung di 3 tempat berbeda.

Kampus STAI Imam Syafii Cianjur yang akan mereka jadikan tempat studi selama beberapa tahun kedepan ditetapkan sebagai lokasi pembukaan serta kegiatan hari pertama. Acara dibuka langsung oleh Atho’ ibn Abi Robah selaku Presiden BEM didampingi ketua panitia Ospek Idham Badrussalam sebagai ungkapan selamat datang juga selamat bergabung untuk para mahasiswa baru.

“ Disini tidak mengenal kata senioritas, kita semua sama, kami hanya mendahului kalian dalam hal belajar, tetapi, sejatinya tidak menjadikan kami dan kalian berbeda, kita semua sama, mahasiswa STAI Imam Syafii Cianjur.” ungkap Atho’ di depan para mahasiswa baru. Usai mendengar sambutan, mahasiswa baru kemudian menerima materi kajian tentang paham Ahlussunnah wal Jamaah dari Syaikh Mar’i Hasan ar-Rosyid, dosen hadits dan lughoh  asal Suriah, krisisnya pemahaman tentang manhaj di zaman inilah yang membuat panitia memohon Syaikh Mar’i untuk memberikan materi pertama dalam rangkaian kegiatan ini.

“Maka kenalilah ciri paham dan pemikiran ahlussunnah wal jamaah: berakidah asyariah serta maturidiyah, berfiqih satu dari empat madzhab: hanafi, maliki, syafi’i, hanbali, juga bertasawwuf sebagaimana tasawwufnya Imam Junaid al-Baghdadi dan Imam Ghazali. Jangan mudah tertipu dengan slogan kembali kepada Al-Quran dan Sunnah yang seakan-akan benar padahal isi yang disampaikan sangat melenceng dari manhaj Ahlussunnah wal Jamaah.”.

 Selesai mendengar materi dan Syaikh Mar’i, hari pertama ditutup dengan pengetahuan umum tentang kampus oleh al-Ustadz Fadhilah Akbari, alumni pertama angkatan pertama yang menjadi asisten dosen di STAI Imam Syafii.

Di hari kedua, acara dibagi menjadi 2 sesi, sesi pagi dan malam.

Sesi pagi, para mahasiswa baru diberikan wawasan tentang tata krama dan adab penuntut ilmu dari Syaikh DR Muhammad Darwish,

“Penuntut ilmu tidak seharusnya menyia-nyiakan waktu, selama kalian di kampus ini, segeralah hafalkan al-Quran dengan hafalan yang mutqin, jika sudah selesai, lanjut hafalkan matn-matn (ringkasan ilmu) penting, seperti alfiyah ibnu malik, sullamul munauroq, al-minhaj dan sebagainya, jika kalian laksanakan ini insya Allah kalian akan jadi ulama besar. Jangan sampai kalian ikut-ikutan membuang waktu dengan handphone di masa muda seperti yang kita lihat oleh banyak orang di zaman ini” ungkap dosen yang baru saja menyelesaikan tahqiq salah satu kitab tafsir besar, Tafsir an-Nasafi.

Selepas itu, acara dilanjut dengan materi “Semangat menuntut ilmu” dari Syaikh Syadi Musthofa Arbasy. Malam harinya, mahasiswa baru berkesempatan untuk mengunjungi kebun teh sarongge. Ditemani hangat api unggun, para mahasiswa yang dibagi menjadi 5 kelompok diajak untuk menunjukkan kekompakan mereka dengan perlombaan yel-yel, rangkaian acara malam itu ditutup dengan renungan singkat.

Kebun Raya Cibodas adalah tempat terakhir acara ospek sekaligus penutupan. Dimulai pukul 07.00, para mahasiswa diminta untuk melewati berbagai rintangan yang telah disiapkan oleh para panitia.

Selepas dhuhur, para peserta dipersilahkan untuk menikmati berbagai macam wisata yang tersedia, hingga akhirnya acara pun ditutup pada pukul 16.30 dengan pembagian hadiah untuk kelompok terbaik dan penghargaan bagi mahasiswa baru terbaik.

Dari hari pertama hingga terakhir, OSPEK yang digawangi oleh para pengurus BEM ini terhitung lancar dan sukses, dengan ini, semoga ukhuwah antar mahasiswa terjalin erat sebagaimana menjadi tujuan awal acara ini.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here